SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 8 SEMESTER GASAL


 

SILABUS 

KE RPP

 

 

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Satuan Pendidikan      : SMP

Kelas / Semester          : VIII / Gasal

Tahun Pelajaran         : 2020/2021

 

Kompetensi Inti:

·         KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pemebelajaran

Indikator

Nilai Karakter

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Penilaian

3.1      Mengidentifikasi unsur-unsur  teks berita  (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.

·    Pengertian teks berita

·    Unsur-unsur berita

(5 W + 1H)

·    Ringkasan dan penyimpulan berita.

·    Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita.

·    Tanggapan terhadap isi berita.

·    Memahami pengertian teks berita

·    Mengidentifikasi unsur-unsur  teks berita  (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.

·    Menjelaskan langkah-langkah menentukan pokok-pokok/unsur-unsur berita

  Religius

  Mandiri

  Gotong royong

  Kejujuran

  Kerja keras

  Percaya diri

  Kerja sama

·     Mengamati teks berita, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan.

·     Mendiskusikan hasil membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita

·     Mendiskusikan langkah-langkah menentukan pokok-pokok/unsur-unsur berita

·     Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsur-unsur teks berita yang dibaca

·     Menanggapi  berita

24 JP

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

 

  Lisan

  Tertulis

  Penugasan

  Unjukkerja

  Portofolio

4.1      Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.

·    Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsur-unsur teks berita yang dibaca

·    Menanggapi isi berita yang didengar atau dibaca

3.2      Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)  yang didengar dan dibaca berita

·    Struktur teks berita

-          Kepala berita (lead)

-          Tubuh berita

-          Ekor berita

·    Kaidah-kaidah  kebahasaan teks berita.

·    Bahasa baku dan tidak baku (pengayaan)

 

·    Menganalisis struktur teks berita yang digunakan dalam menulis  bagian-bagian teks berita

·    Menganalisis kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan dalam menulis  bagian-bagian teks berita

  Religius

  Mandiri

  Gotong royong

  Kejujuran

  Kerja keras

  Percaya diri

  Kerja sama

·     Membaca berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita, kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan dalam menulis  bagian-bagian teks berita

·     Mendata objek dari berbagai sumber tentag berita, bahan, dan cara/langkah-langkah kegiatan yang  disusun menjadi teks berita

·     Menulis teks berita dengan memperhatikan unsur-unsur berita dan pola penyajiannya

·     Membacakan teks berita yang ditulis

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

 

  Lisan

  Tertulis

  Penugasan

  Unjukkerja

  Portofolio

4.2      Menyajikan data,  informasi dalam bentuk berita  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,  atau  aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik).

·    Mengumpulkan data objek dari berbagai sumber tentag berita, bahan, dan cara/langkah-langkah kegiatan yang  disusun menjadi teks berita

·    Menuliskan teks berita dengan memperhatikan unsur-unsur berita dan polapenyajiannya

·    Membacakan teks berita yang ditulis

3.3      Mengidentifikasi informasi   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

·    Pengertian dan Teks iklan, slogan, poster

·    Unsur-unsur teks Iklan, slogan, poster

·    Penyimpulan maksud suatu iklan.

·    Menceritakan kembali iklan.

·    Memahami pengertian teks iklan, slogan, poster

·    Mengidentifikasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster

·    Membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster

  Religius

  Mandiri

  Gotong royong

  Kejujuran

  Kerja keras

  Percaya diri

  Kerja sama

·     Mendata informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster

·     Menelaah dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster

·     Mendiskuskan simpulan isi teks iklan, slogan, atau poster

·     Mempresentasikan isi teks iklan, slogan, atau poster

24 JP

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

 

  Lisan

  Tertulis

  Penugasan

  Unjukkerja

  Portofolio

4.3      Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber

·    Menyimpulkan isi teks iklan, slogan, atau poster

·    Mempresentasikan isi teks iklan, slogan, atau poster

3.4      Menelaah pola penyajian dan kebahasaan   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

·    Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster.

·    Cara menyusun teks iklan, slogan, poster

 

·    Menjelaskan ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster berdasarkan teks  iklan, slogan, atau poster yang dibaca/didengar/ disaksikan

·    Menganalisis langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster

·    Merumuskan konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan dan/poster

  Religius

  Mandiri

  Gotong royong

  Kejujuran

  Kerja keras

  Percaya diri

  Kerja sama

·     Mendiskusikan ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster berdasarkan teks  iklan, slogan, atau poster yang dibaca/didengar/ disaksikan

·     Menganalisis langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster

·     Merumuskan konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan dan/poster

·     Menulis iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan

·     Mempresentasikan iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

 

  Lisan

  Tertulis

  Penugasan

  Unjukkerja

  Portofolio

4.4      Menyajikan  gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster  secara lisan dan  tulis.

·    Menulis iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan

·    Mempresentasikan iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi

3.5      Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca.

Pengertian teks eksposisi

·    Unsur-unsur teks eksposisi: gagasan dan fakta-fakta.

·    Pola-pola pengembangan teks eksposisi

·    Simpulan teks eksposisi berdasarkan gagasan utamanya.

·    Jenis-jenis paragraf dalam teks eksposisi.

 

·    Merumuskan pengertian teks eksposisi.

·    Merumuskan unsur-unsur teks eksposisi yang meliputi gagasan dan fakta dan pola pengembangannya

·    Menganalisis jenis-jenis paragraf dalam teks eksposisi.

·    Menganalisis hubungan bagian-bagian struktur dan kebahasaan teks eksposisi.

  Religius

  Mandiri

  Gotong royong

  Kejujuran

  Kerja keras

  Percaya diri

  Kerja sama

·     Mengamati teks eksposisi untuk merumuskan pengertiannya.

·     Mendata  dan merumuskan unsur-unsur teks eksposisi yang meliputi gagasan dan fakta dan pola pengembangannya

·     Mengakaji  hubungan bagian-bagian struktur dan kebahasaan teks eksposisi.

·     Menelaah dan informasi isi teks sesuai dengan bagian-bagian teks eksposisi

·     Menyimpulkan isi teks eksposisi hasil diskusi

30 JP

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

 

  Lisan

  Tertulis

  Penugasan

  Unjukkerja

  Portofolio

4.5      Menyimpulkan isi teks eksposisi  (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca.

·    Menganalisis informasi isi teks sesuai dengan bagian-bagian teks eksposisi

·    Menyimpulkan isi teks eksposisi hasil diskusi

3.6      Menelaah isi dan struktur  teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca

Struktur teks eksposisi

·    Kaidah  teks ekposisi

·    Langkah-langkah menyusun teks eksposisi.

·    Menyan-ting teks eksposisi.

 

 

 

 

·    Menganalisis struktur dan penggunaan kaidah bahasa teks ekspoisi

·    Menganalisis  isi teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca

  Religius

  Mandiri

  Gotong royong

  Kejujuran

  Kerja keras

  Percaya diri

  Kerja sama

·     Mendiskusikan struktur dan penggunaan kaidah bahasa teks ekspoisi

·     Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur, kaidah bahasa,  ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan  objek yang akan ditulis

·     Menulis teks ekposisi

·     Mempresentasikan  teks eksposisi

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

 

  Lisan

  Tertulis

  Penugasan

  Unjukkerja

  Portofolio

4.6      Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan

·    Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur, kaidah bahasa,  ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan  objek yang akan ditulis

·    Menulis teks ekposisi

·    Mempresentasikan  teks eksposisi

3.7      Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.

Pengertian teks puisi

·    Unsur-unsur pembentuk  teks puisi

·    Simpulan isi, unsur-unsur pembangun teks puisi, dan jenis-jenisnya.

·    Periodesasi puisi (Pengayaan)

 

·    Merumuskan pengertian teks puisi melalui pengamatan model-model teks puisi.

·    Menelaah isi teks puisi yang dibaca.

·    Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi dan jenis-jenisnya.

·     

  Religius

  Mandiri

  Gotong royong

  Kejujuran

  Kerja keras

  Percaya diri

  Kerja sama

·     Mengamati model-model teks puisi.

·     Merumuskan pengertiaan puisi.

·     Mendiskusikan isi teks puisi yang dibaca.

·     Mendiskusikan unsur-unsur pembangun puisi dan jenis-jenisnya.

·     Mempresentasikan hasil diskusi

24 JP

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

 

  Lisan

  Tertulis

  Penugasan

  Unjukkerja

  Portofolio

4.7      Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi  yang diperdengarkan atau dibaca

·    Membuat kesimpulan tentang makna dan unsur-unsur pembangun teks puisi

·    Mempresentasikan kesimpulan yang telah dibuat

3.8      Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.

Unsur lahir (bentuk) dan batin (makna) puisi.

·    Pengungkapan gagasan, perasaan, pandangan penulis

·    Pembacaan puisi (ekspresi, lafal, tekanan, intonasi)

·    Merumuskan unsur-unsur pembentuk teks puisi

·    Mengidentifikasi isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi) dalam teks puisi

  Religius

  Mandiri

  Gotong royong

  Kejujuran

  Kerja keras

  Percaya diri

  Kerja sama

·     Merumuskan unsur-unsur pembentuk teks puisi

·     Mengidentifikasi isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi) dalam teks puisi

·     Menulis puisi berdasarkan konteks 

·     Membacakan puisi yang ditulis dan menanggapinyai

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.

 

  Lisan

  Tertulis

  Penugasan

  Unjukkerja

  Portofolio

 4.8     Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi

·    Menulis puisi berdasarkan konteks 

·    Membacakan puisi yang ditulis dan menanggapinyai

·    Menyajikan gagasan, perasaan dan pandangan penulis melalui puisi yang dibacakan


                                 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMPN 4 Malang,

 

  

Dra. Pancayani Dinihari, M.Pd

NIP 19660908 199303 2 006

 

Malang, 17 Juli 2019

Guru Mata Pelajaran,

 

  

Fina Mulianastiti, S.Pd.

NIP 19840428 201001 2 029

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                       


Komentar