SILABUS
KE RPP
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas
/ Semester : VIII / Gasal
Tahun
Pelajaran : 2020/2021
Kompetensi
Inti:
·
KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji
secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam
ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pemebelajaran |
Indikator |
Nilai Karakter |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Penilaian |
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan
memotivasi) yang didengar dan dibaca. |
· Pengertian teks
berita ·
Unsur-unsur berita (5 W + 1H) ·
Ringkasan dan penyimpulan berita. ·
Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita. ·
Tanggapan terhadap isi berita. |
·
Memahami pengertian teks berita ·
Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar
dan dibaca. · Menjelaskan langkah-langkah
menentukan pokok-pokok/unsur-unsur berita |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mengamati teks
berita, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan. · Mendiskusikan
hasil membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita · Mendiskusikan
langkah-langkah menentukan pokok-pokok/unsur-unsur berita · Merumuskan
ringkasan/kesimpulan unsur-unsur teks berita yang dibaca ·
Menanggapi
berita |
24 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.
|
• Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.1 Menyimpulkan
isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar. |
·
Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsur-unsur teks
berita yang dibaca · Menanggapi isi
berita yang didengar atau dibaca |
||||||
3.2
Menelaah struktur dan
kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca berita |
·
Struktur teks berita -
Kepala berita (lead) -
Tubuh berita -
Ekor berita ·
Kaidah-kaidah
kebahasaan teks berita. ·
Bahasa baku dan tidak baku (pengayaan)
|
·
Menganalisis struktur teks berita yang digunakan
dalam menulis bagian-bagian teks
berita · Menganalisis
kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi
temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan
dalam menulis bagian-bagian teks
berita |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
·
Membaca berbagai
sumber untuk memahami struktur teks berita, kaidah kebahasaan (bahasa baku,
kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis,
keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan dalam menulis bagian-bagian teks berita · Mendata objek
dari berbagai sumber tentag berita, bahan, dan cara/langkah-langkah kegiatan
yang disusun menjadi teks berita · Menulis teks
berita dengan memperhatikan unsur-unsur berita dan pola penyajiannya · Membacakan teks
berita yang ditulis |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.
|
• Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.2 Menyajikan
data, informasi dalam bentuk
berita secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, kebahasaan,
atau aspek lisan (lafal,
intonasi, mimik, kinesik). |
·
Mengumpulkan data objek dari berbagai sumber tentag
berita, bahan, dan cara/langkah-langkah kegiatan yang disusun menjadi teks berita ·
Menuliskan teks berita dengan memperhatikan
unsur-unsur berita dan polapenyajiannya · Membacakan teks
berita yang ditulis |
||||||
3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang
membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. |
· Pengertian dan
Teks iklan, slogan, poster · Unsur-unsur teks
Iklan, slogan, poster · Penyimpulan
maksud suatu iklan. · Menceritakan
kembali iklan. |
·
Memahami pengertian teks iklan, slogan, poster ·
Mengidentifikasi isi dan unsur–unsur yang terdapat
pada iklan, slogan, atau poster · Membedakan
unsur-unsur iklan, slogan, dan poster |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mendata
informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster ·
Menelaah dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan,
dan poster ·
Mendiskuskan simpulan isi teks iklan, slogan, atau
poster · Mempresentasikan
isi teks iklan, slogan, atau poster |
24 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.
|
• Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau
poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber |
·
Menyimpulkan isi teks iklan, slogan, atau poster · Mempresentasikan
isi teks iklan, slogan, atau poster |
||||||
3.4 Menelaah
pola penyajian dan kebahasaan teks
iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar |
· Unsur-unsur
iklan, slogan, dan poster. · Cara menyusun
teks iklan, slogan, poster
|
·
Menjelaskan ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan
teks iklan, slogan, atau poster berdasarkan teks iklan, slogan, atau poster yang
dibaca/didengar/ disaksikan ·
Menganalisis langkah-langkah penulisan iklan, slogan
atau poster · Merumuskan
konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan
penulisan slogan dan/poster |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mendiskusikan
ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster
berdasarkan teks iklan, slogan, atau
poster yang dibaca/didengar/ disaksikan · Menganalisis
langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster · Merumuskan
konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan
penulisan slogan dan/poster · Menulis iklan,
slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan · Mempresentasikan
iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.
|
• Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.4 Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan,
slogan, atau poster secara lisan
dan tulis. |
·
Menulis iklan, slogan, atau poster berdasarkan
konteks yang telah dirumuskan · Mempresentasikan
iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi |
||||||
3.5 Mengidentifikasi
informasi teks eksposisi berupa
artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang didengar dan dibaca yang
didengar dan dibaca. |
Pengertian
teks eksposisi · Unsur-unsur teks
eksposisi: gagasan dan fakta-fakta. · Pola-pola
pengembangan teks eksposisi · Simpulan teks
eksposisi berdasarkan gagasan utamanya. · Jenis-jenis
paragraf dalam teks eksposisi.
|
·
Merumuskan pengertian teks eksposisi. ·
Merumuskan unsur-unsur teks eksposisi yang meliputi
gagasan dan fakta dan pola pengembangannya ·
Menganalisis jenis-jenis paragraf dalam teks
eksposisi. · Menganalisis hubungan
bagian-bagian struktur dan kebahasaan teks eksposisi. |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mengamati teks
eksposisi untuk merumuskan pengertiannya. · Mendata dan merumuskan unsur-unsur teks eksposisi
yang meliputi gagasan dan fakta dan pola pengembangannya · Mengakaji hubungan bagian-bagian struktur dan
kebahasaan teks eksposisi. · Menelaah dan
informasi isi teks sesuai dengan bagian-bagian teks eksposisi · Menyimpulkan isi
teks eksposisi hasil diskusi |
30 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.
|
• Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.5 Menyimpulkan
isi teks eksposisi (artikel ilmiah
populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca. |
·
Menganalisis informasi isi teks sesuai dengan
bagian-bagian teks eksposisi · Menyimpulkan isi
teks eksposisi hasil diskusi |
||||||
3.6 Menelaah
isi dan struktur teks eksposisi
(berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau
dibaca |
Struktur teks eksposisi · Kaidah teks ekposisi · Langkah-langkah
menyusun teks eksposisi. · Menyan-ting teks
eksposisi.
|
·
Menganalisis struktur dan penggunaan kaidah bahasa
teks ekspoisi · Menganalisis isi teks eksposisi (berupa artikel ilmiah
populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mendiskusikan
struktur dan penggunaan kaidah bahasa teks ekspoisi · Menyusun
kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur, kaidah bahasa, ciri kebahasaan, dan pola pengembangan
kebahasaan berdasarkan objek yang akan
ditulis · Menulis teks
ekposisi · Mempresentasikan teks eksposisi |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.
|
• Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.6 Menyajikan
gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan |
·
Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur,
kaidah bahasa, ciri kebahasaan, dan
pola pengembangan kebahasaan berdasarkan
objek yang akan ditulis ·
Menulis teks ekposisi · Mempresentasikan teks eksposisi |
||||||
3.7 Mengidentifikasi
unsur-unsur pembangun teks puisi yang
diperdengarkan atau dibaca. |
Pengertian
teks puisi · Unsur-unsur
pembentuk teks puisi · Simpulan isi,
unsur-unsur pembangun teks puisi, dan jenis-jenisnya. · Periodesasi
puisi (Pengayaan)
|
·
Merumuskan pengertian teks puisi melalui pengamatan
model-model teks puisi. ·
Menelaah isi teks puisi yang dibaca. ·
Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi dan
jenis-jenisnya. · |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Mengamati
model-model teks puisi. · Merumuskan
pengertiaan puisi. · Mendiskusikan
isi teks puisi yang dibaca. · Mendiskusikan
unsur-unsur pembangun puisi dan jenis-jenisnya. · Mempresentasikan
hasil diskusi |
24 JP |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.
|
• Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
4.7 Menyimpulkan
unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi
yang diperdengarkan atau dibaca |
·
Membuat kesimpulan tentang makna dan unsur-unsur
pembangun teks puisi · Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dibuat |
||||||
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi
(perjuangan, lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca. |
Unsur lahir (bentuk) dan batin (makna)
puisi. · Pengungkapan
gagasan, perasaan, pandangan penulis · Pembacaan puisi
(ekspresi, lafal, tekanan, intonasi) |
·
Merumuskan unsur-unsur pembentuk teks puisi · Mengidentifikasi
isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi) dalam teks puisi |
•
Religius •
Mandiri •
Gotong royong •
Kejujuran •
Kerja keras •
Percaya diri •
Kerja sama |
· Merumuskan
unsur-unsur pembentuk teks puisi · Mengidentifikasi
isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi) dalam teks puisi · Menulis puisi
berdasarkan konteks · Membacakan puisi
yang ditulis dan menanggapinyai |
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII. • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi
2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.
|
• Lisan •
Tertulis •
Penugasan •
Unjukkerja •
Portofolio |
|
4.8 Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat
dalam bentuk teks puisi secara tulis/
lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi |
·
Menulis puisi berdasarkan konteks ·
Membacakan puisi yang ditulis dan menanggapinyai · Menyajikan
gagasan, perasaan dan pandangan penulis melalui puisi yang dibacakan |
Mengetahui, Kepala
SMPN 4 Malang, Dra.
Pancayani Dinihari, M.Pd NIP 19660908 199303 2 006 |
|
Malang, 17 Juli
2019 Guru Mata Pelajaran, Fina Mulianastiti, S.Pd. NIP 19840428
201001 2 029 |
|
|
|
Komentar
Posting Komentar