RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
ONLINE
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Materi : Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual
Waktu : 120 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning peserta didik diharapkan dapat menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
B. Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar
Media : PPT, Google Clasroom
Alat/Bahan : laptop, headset, internet, zoommeeting
Sumber Belajar: Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2016
Laman : https://www.youtube.com/watch?v=FfKpYgZs8Qw
https://www.youtube.com/watch?v=i-ZJmTIRLTQ
C. Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
| |
1. Guru menyiapkan perangkat internet dan aplikasi zoommeeting dengan nomor ID dan pasword. 2. Siswa bergabung dalam zoommeeting yang telah disediakan. (kegiatan ini tidak wajib bagi siswa yang tidak mampu atau terkendala teknis). 3. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin | |
4. Guru bertanya jawab tentang materi/tema/kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. Misalnya: a. Apakah ada kesulitan memahami materi sebelumnya. b. Siapakah yang ingin bertanya tentang materi sebelumnya. c. Apa yang dimaksud dengan Pidato Persuasif? d. Berikan contohnya? | |
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Menelaah Struktur dan Ciri Kebahasaan Pidato Persuasif dengan membuka materi PPT yang disampaikan melalui watsapp. | |
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh yaitu discovery learning melalui penugasan di Google Classroom. | |
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
| |
Langkah-langkah/ Model | Deskripsi Kegiatan |
a. Stimulation (Pemberi Rangsangan)
| · Peserta didik membaca dan mengamati contoh teks pidato persuasif yang sudah disiapkan guru (Kegiatan Literasi) è (kegiatan literasi) dengan mengunjungi laman https://finaelwalid.blogspot.com/ · Peserta didik melakukan tanya jawab mengenai struktur teks pidato persuasif yang dibaca/diamati (collaboratif) · Peserta didik melakukan tanya jawab mengenai ciri kebahasaan teks pidato persuasif yang dibaca/diamati (collaboratif) |
b. Problem Statement critical thinking and collaboration | · Secara berkelompok peserta didik diminta mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif yang telah dilihat. |
c. Data Collection (Pengumpulan Data) Collaboration (Kerja Sama) | · Kelompok yang telah mendapatkan daftar pertanyaan dari kelompok lain kemudian memberikan jawaban disertai dengan bukti atau argumen atau kutipan pendapat yang dirujuk. · Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber. |
d. Pengolahan Data (Data Processing) Collaboration dan Critical Thinking | · Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan struktur teks pidato persuasif. · Peserta didik secara berkelompok mendeskripsikan ciri kebahasaan teks pidato persuasif. |
e. Verification Critical Thinking | · Peserta didik melakukan verifikasi melalui presentasi. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan. |
f. Generalization Collaboration dan Critical Thinking | · Secara berkelompok siswa menyimpulkan struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan teks pidato persuasif. · Guru memberikan penguatan atas kesimpulan yang telah disusun |
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. | |
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
D. Penilian
· Teknik : Tes Tulis
· Instrumen :
1) Tentukan struktur teks pidato persuasif yang telah kamu baca dengan disertai bukti tektual!
2) Bagaimana ciri-ciri kebahasaan teks pidato persuasif?
· Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan.
· Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
Mengetahui, |
Malang , 1 Juli 2020 |
|
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran |
|
Dra. Pancayani Dinihari, M.Pd NIP. 19660908 199303 2 006 |
Fina Mulianastiti, S. Pd. NIP 19840428 201001 2 029
|
|
Komentar
Posting Komentar