RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

ONLINE


Sekolah                         :    SMP

Mata Pelajaran              :    Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :    IX / Ganjil

Materi                           :    Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual

Waktu                           :    120 Menit

 

A. Tujuan Pembelajaran

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning  peserta didik diharapkan dapat menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca

 

B.  Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar

Media : PPT, Google Clasroom

Alat/Bahan : laptop, headset, internet, zoommeeting

Sumber Belajar: Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2016

Laman : https://www.youtube.com/watch?v=FfKpYgZs8Qw

 https://www.youtube.com/watch?v=i-ZJmTIRLTQ

 

C. Langkah Pembelajaran

 

 

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

 

1.      Guru menyiapkan perangkat internet dan aplikasi zoommeeting dengan nomor ID dan pasword.

2.      Siswa bergabung dalam zoommeeting yang telah disediakan. (kegiatan ini tidak wajib bagi siswa yang tidak mampu atau terkendala teknis).

3.      Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

4.      Guru bertanya jawab tentang materi/tema/kegiatan pembelajaran yang telah  dilakukan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Misalnya:

a.       Apakah ada kesulitan memahami materi sebelumnya.

b.      Siapakah yang ingin bertanya tentang materi sebelumnya.

c.       Apa yang dimaksud dengan Pidato Persuasif?

d.      Berikan contohnya?

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Menelaah Struktur dan Ciri Kebahasaan Pidato Persuasif  dengan membuka materi PPT yang disampaikan melalui watsapp.                          

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh yaitu discovery learning  melalui penugasan di Google Classroom.

 

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

 

Langkah-langkah/ Model 

Deskripsi Kegiatan

a.     Stimulation

(Pemberi Rangsangan)

 

·      Peserta didik membaca dan mengamati contoh teks pidato persuasif yang sudah disiapkan guru (Kegiatan Literasi)

è (kegiatan literasi) dengan mengunjungi laman https://finaelwalid.blogspot.com/

·      Peserta didik melakukan tanya jawab mengenai struktur  teks pidato persuasif yang dibaca/diamati (collaboratif)

·      Peserta didik melakukan tanya jawab mengenai ciri kebahasaan teks pidato persuasif yang dibaca/diamati (collaboratif)

b.       Problem Statement critical thinking and collaboration

·    Secara berkelompok peserta didik diminta mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif  yang telah dilihat.

c.       Data Collection (Pengumpulan Data) Collaboration (Kerja Sama)

·    Kelompok yang telah mendapatkan daftar pertanyaan dari kelompok lain kemudian memberikan jawaban disertai dengan bukti atau argumen atau kutipan pendapat  yang dirujuk.

·    Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber.

d.   Pengolahan Data (Data Processing) Collaboration dan Critical Thinking

·    Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan struktur teks pidato persuasif.

·    Peserta didik secara berkelompok mendeskripsikan ciri kebahasaan teks pidato persuasif.

e.  Verification Critical Thinking

·    Peserta didik melakukan verifikasi melalui presentasi. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan.

f.   Generalization Collaboration dan Critical Thinking

·    Secara berkelompok siswa menyimpulkan struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan teks pidato persuasif.

·    Guru memberikan penguatan atas kesimpulan yang telah disusun

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

D.   Penilian

·         Teknik             :         Tes Tulis

·         Instrumen       :

1)  Tentukan struktur teks pidato persuasif yang telah kamu baca  dengan disertai bukti tektual!

2)  Bagaimana ciri-ciri kebahasaan teks pidato persuasif?

 

·       Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap   diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan.

·       Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Malang , 1 Juli 2020

 

Kepala Sekolah  

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Dra. Pancayani Dinihari, M.Pd

NIP. 19660908 199303 2 006

 

 

Fina Mulianastiti, S. Pd.

NIP 19840428 201001 2 029

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar